Fakta Menarik Masjid Raya Al-Mashun di Kota Medan

Fakta Menarik Masjid Raya Al-Mashun di Kota Medan

Masjid Raya Al-Mashun, juga dikenal sebagai Masjid Raya Medan, adalah salah satu ikon Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Masjid ini bukan hanya sebuah tempat ibadah, tetapi juga sebuah situs bersejarah yang kaya akan budaya dan arsitektur yang menakjubkan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa fakta menarik tentang Masjid Raya Al-Mashun yang membuatnya menjadi salah satu tempat yang patut untuk dikunjungi di Kota Medan.

1. Sejarah yang Kaya

Masjid Raya Al-Mashun memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Dibangun pada tahun 1906, masjid ini telah berdiri selama lebih dari satu abad. Masjid ini awalnya dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Ma’mun Al Rashid Perkasa Alamsyah, dan dirancang oleh seorang arsitek terkenal pada masa itu, Eduard Cuypers. Tempat Wisata di Medan ini mencerminkan gaya arsitektur Indo-Mughal yang menggabungkan elemen-elemen arsitektur Islam, India, dan Eropa.

2. Arsitektur yang Memukau

Salah satu hal yang membuat Masjid Raya Al-Mashun begitu istimewa adalah arsitekturnya yang memukau. Masjid ini memiliki kubah besar dengan ornamen-ornamen yang indah, menara-menara tinggi, dan gerbang masuk yang megah. Interior masjid juga menakjubkan dengan ukiran-ukiran kayu, lampu gantung, dan karpet yang indah.

3. Material Bangunan yang Unik

Salah satu fakta menarik tentang Masjid Raya Al-Mashun adalah penggunaan material bangunan yang unik. Sebagian besar bahan bangunan masjid ini dibawa langsung dari berbagai negara, termasuk Belanda, Jerman, dan Mesir. Misalnya, ubin lantai masjid dipasok dari Jerman, sedangkan gentengnya berasal dari Belanda. Ini mencerminkan komitmen untuk menciptakan bangunan yang istimewa.

4. Menara Jam Tua

Masjid ini juga memiliki menara jam yang tua dan klasik. Menara jam ini menjadi landmark yang penting di Kota Medan dan sering digunakan sebagai titik pertemuan oleh penduduk setempat. Menara jam ini dibangun pada tahun 1920 dan masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata di Ambon Paling Hits dan Eksotis

5. Koleksi Al-Quran Kuno

Masjid Raya Al-Mashun memiliki koleksi Al-Quran kuno yang sangat berharga. Beberapa salinan Al-Quran yang disimpan di dalam masjid ini berasal dari berbagai zaman dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pengunjung dapat melihatnya di dalam masjid dengan izin.

6. Pusat Kegiatan Keagamaan

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Raya Al-Mashun juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan budaya di Kota Medan. Masjid ini sering digunakan untuk berbagai acara seperti kuliah agama, diskusi keagamaan, dan pertunjukan seni.

7. Terbuka untuk Wisatawan

Fakta yang menggembirakan adalah Masjid Raya Al-Mashun terbuka untuk wisatawan dari berbagai latar belakang agama. Wisatawan dapat mengunjungi masjid ini dengan mengikuti aturan tertentu, seperti berpakaian sopan dan menghormati waktu ibadah.

8. Acara Istimewa

Masjid Raya Al-Mashun juga menjadi tempat pelaksanaan acara-acara istimewa, terutama selama bulan Ramadan dan perayaan Idul Fitri. Ribuan umat Muslim berkumpul di masjid ini untuk beribadah dan merayakan perayaan agama.

Masjid Raya Al-Mashun adalah salah satu tempat yang penuh sejarah dan keindahan di Kota Medan. Dengan arsitektur yang megah, sejarah yang kaya, dan peran penting dalam kehidupan masyarakat setempat, Wisata Pekanbaru Lagi Hits merupakan destinasi yang patut untuk dikunjungi bagi siapa pun yang berkunjung ke Kota Medan.

Back To Top